Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.
2.Menumbuhkan kepedulian
Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain.Disiplin membuat anak memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik ,cepat dan mudah.
3.Mengajarkan keteraturan
Anak jadi mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik
4.Menumbuhkan ketenangan
Menurut penelitian menunjukkan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.
5.Menumbuhkan percaya diri
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.
6.Menumbuhkan kemandirian
Dengan kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Anak juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik.Disiplin merupakan bimbingan yang tepat pada anak untuk sanggup menentukan pilihan yang bijak.
7.Menumbuhkan keakraban
Anak menjadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain karena kemampuannya beradaptasi lebih terasah.
8.Membantu perkembangan otak
Pada usia 3 tahun pertama, pertumbuhan otak anak sangat pesat, disini ia menjadi peniru perilaku yang piawai. ia mampu mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.
9.Membantu anak yang “sulit”
Kadang-kadang kita lupa pada anak yang berkebutuhan khusus yang memerlukan penangan khusus, melalui disiplin yang menekankan keteraturan anak berkebutuhan khusus bisa hidup lebih baik.
10 Menumbuhkan kepatuhan
Hasilnya anak akan menuruti aturan yang ditetapkan orangtua atas kemauan sendiri.
7 Cara Melatih Disiplin Waktu
Setiap orang diberikan hadiah berupa
waktu yang sama oleh Tuhan, namun tidak semuanya mampu untuk menggunakan waktu dengan
baik.
Hanya sebagian kecil saja orang didunia yang dapat mengelola waktunya dengan baik sehingga dapat meraih sukses.
Sebagian lagi hanya bisa menelola waktu yang dimiliki sementara sisanya memiliki waktu yang terbuang percuma.
Hanya sebagian kecil saja orang didunia yang dapat mengelola waktunya dengan baik sehingga dapat meraih sukses.
Sebagian lagi hanya bisa menelola waktu yang dimiliki sementara sisanya memiliki waktu yang terbuang percuma.
Semua orang (termasuk Anda dan Saya) selalu berpikir bahwa kesuksesan seseorang dalam
membagi waktu tentu tidak lepas dari kata disiplin.
Ya, itu memang benar adanya. Oleh karenanya sewaktu masih dibangku sekolah hingga kuliah dulu, kita selalu memiliki jadwal.
Tujuannya adalah agar kita belajar disiplin.
Ya, itu memang benar adanya. Oleh karenanya sewaktu masih dibangku sekolah hingga kuliah dulu, kita selalu memiliki jadwal.
Tujuannya adalah agar kita belajar disiplin.
Didalam mengelola waktu, kita hanya dihadapkan
pada dua pilihan yaitu sukses dan gagal mengelola waktu.
Sukses mengelola waktu berarti kita selalu memiliki waktu yang cukup sedangkan gagal mengelola waktu selalu kehabisan waktu.
Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, akan tetapi sulit untuk ditemukan celahnya.
Sukses mengelola waktu berarti kita selalu memiliki waktu yang cukup sedangkan gagal mengelola waktu selalu kehabisan waktu.
Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, akan tetapi sulit untuk ditemukan celahnya.
Berada dibagian manakah sesungguhnya
kita sekarang?
Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu
tidak semudah membalikan telapak tangan bukan.
Nah untuk itulah mari kita simak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu berikut ini:
Nah untuk itulah mari kita simak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu berikut ini:
- Tentukan prioritas
Mulailah untuk mengatur waktu agar
lebih efisien dengan caa menentukan prioritas.
Tugas-tugas penting selalu berada diurutan teratas dalam jadwal Anda.
Untuk memulainya Anda bisa mencoba prinsip Pareto, dimana 80% dari prestasi Anda dilakukan dengan melakukan 20% usaha Anda.
Mulailah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali mengabaikan tugas penting Anda, agar hasil Anda benar-benar signifikan.
Tugas-tugas penting selalu berada diurutan teratas dalam jadwal Anda.
Untuk memulainya Anda bisa mencoba prinsip Pareto, dimana 80% dari prestasi Anda dilakukan dengan melakukan 20% usaha Anda.
Mulailah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali mengabaikan tugas penting Anda, agar hasil Anda benar-benar signifikan.
Artikel lainnya: 4 Tips Bekerja
Cerdas
- Buat rencana SMART
Maksud dari
rencana SMART adalah Specific, Measureable, Achievable, Reasonable, Timeline.
Dalam membuat rencana hendaknya mempertimbangkan 5 hal tadi.
Rencana yang spesifik, terukur, dapat kita capai, dan realistis akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.
Buat jadwal untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan paling sulit diawal pekan setiap minggunya, agar diakhir pekan Anda bisa lebih santai.
Dalam membuat rencana hendaknya mempertimbangkan 5 hal tadi.
Rencana yang spesifik, terukur, dapat kita capai, dan realistis akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.
Buat jadwal untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan paling sulit diawal pekan setiap minggunya, agar diakhir pekan Anda bisa lebih santai.
Artikel lainnya: Manajemen
Waktu Yang Baik Kunci Dalam Meraih Sukses
- Hindari sikap perfeksionis
Belajar menghindari kesempurnaan
akan membantu Anda dalam membagi waktu.
Bergumul tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan terutama untuk hal-hal sepele dan tidak penting akan sangat membuang waktu Anda.
Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan.
Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.
Bergumul tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan terutama untuk hal-hal sepele dan tidak penting akan sangat membuang waktu Anda.
Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan.
Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.
- Hindari kebiasaan menunda
Menunda tugas penting untuk sesuatu
yang sepele memang akan merugikan diri Anda sendiri.
Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya.
Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya.
Sebagai contoh, Anda menunda untuk
menghubungi orang tercinta (suami/isteri dan anak) hanya untuk acara tv
kesayangan Anda.
Ingat, momen penting akan terlewatkan bila waktunya tidak tepat dan kita harus menyadari itu semua serta melibatkan diri secara aktiv didalamnya.
Ingat, momen penting akan terlewatkan bila waktunya tidak tepat dan kita harus menyadari itu semua serta melibatkan diri secara aktiv didalamnya.
- Bersikap tegas
Mengatakan “tidak” dan menolak tugas
yang tidak dapat kita lakukan tentu akan menjadi dilematis.
Untuk itu, mulailah bersikap tegas terhadap kedua hal itu. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan pernah memaksakan diri.
Untuk itu, mulailah bersikap tegas terhadap kedua hal itu. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan pernah memaksakan diri.
Bila Anda kehabisan waktu dan merasa
stres, maka akan lebih baik menolak undangan makan siang atau makan malam
keluarga.
Kita perlu menyadari bahwa kita tidak memiliki kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejab.
Kita perlu menyadari bahwa kita tidak memiliki kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejab.
- Jangan melupakan diri sendiri
Dalam membuat rencana, hendaknya
tidak lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu
istirahat untuk kita sendiri.
Selama waktu itu tiba, pastikan kita benar-benar berhenti dari pekerjaan, bersantai dan lakukan isi ulang baterai semangat Anda.
Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat seharian beraktivitas.
Misalnya Anda berhasil untuk mengurangi waktu Anda untuk menonton tv.
Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari kebiasaan yang melelahkan.
Selama waktu itu tiba, pastikan kita benar-benar berhenti dari pekerjaan, bersantai dan lakukan isi ulang baterai semangat Anda.
Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat seharian beraktivitas.
Misalnya Anda berhasil untuk mengurangi waktu Anda untuk menonton tv.
Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari kebiasaan yang melelahkan.
- Buat Rencana Cadangan
Masukan dalam daftar rencana Anda
waktu ekstra untuk tugas-tugas yang tidak terduga seperti mengisi ulang baterai
handphone.
Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga.
Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal ini untuk solusi alteratif kedua hal ini.
Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga.
Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal ini untuk solusi alteratif kedua hal ini.
Nah,
setelah menyimak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu diatas tadi, Anda tentu sudah memiliki jawaban bukan.
Silahkan dijawab sendiri dalam hatinya ya, dan yang paling tahu kemampuan Anda hanyalah Anda sendiri.
Temukan juga sejuta manfaat dalam mengelola kekuatan pikiran dalam Ebook Bengkel Pikiran.
Silahkan dijawab sendiri dalam hatinya ya, dan yang paling tahu kemampuan Anda hanyalah Anda sendiri.
Temukan juga sejuta manfaat dalam mengelola kekuatan pikiran dalam Ebook Bengkel Pikiran.
Semoga
tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!
7 Cara Melatih Disiplin Waktu
Setiap orang diberikan hadiah berupa
waktu yang sama oleh Tuhan, namun tidak semuanya mampu untuk menggunakan waktu dengan
baik.
Hanya sebagian kecil saja orang didunia yang dapat mengelola waktunya dengan baik sehingga dapat meraih sukses.
Sebagian lagi hanya bisa menelola waktu yang dimiliki sementara sisanya memiliki waktu yang terbuang percuma.
Hanya sebagian kecil saja orang didunia yang dapat mengelola waktunya dengan baik sehingga dapat meraih sukses.
Sebagian lagi hanya bisa menelola waktu yang dimiliki sementara sisanya memiliki waktu yang terbuang percuma.
Semua orang (termasuk Anda dan Saya) selalu berpikir bahwa kesuksesan seseorang dalam
membagi waktu tentu tidak lepas dari kata disiplin.
Ya, itu memang benar adanya. Oleh karenanya sewaktu masih dibangku sekolah hingga kuliah dulu, kita selalu memiliki jadwal.
Tujuannya adalah agar kita belajar disiplin.
Ya, itu memang benar adanya. Oleh karenanya sewaktu masih dibangku sekolah hingga kuliah dulu, kita selalu memiliki jadwal.
Tujuannya adalah agar kita belajar disiplin.
Didalam mengelola waktu, kita hanya dihadapkan
pada dua pilihan yaitu sukses dan gagal mengelola waktu.
Sukses mengelola waktu berarti kita selalu memiliki waktu yang cukup sedangkan gagal mengelola waktu selalu kehabisan waktu.
Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, akan tetapi sulit untuk ditemukan celahnya.
Sukses mengelola waktu berarti kita selalu memiliki waktu yang cukup sedangkan gagal mengelola waktu selalu kehabisan waktu.
Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, akan tetapi sulit untuk ditemukan celahnya.
Berada dibagian manakah sesungguhnya
kita sekarang?
Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu
tidak semudah membalikan telapak tangan bukan.
Nah untuk itulah mari kita simak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu berikut ini:
Nah untuk itulah mari kita simak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu berikut ini:
- Tentukan prioritas
Mulailah untuk mengatur waktu agar
lebih efisien dengan caa menentukan prioritas.
Tugas-tugas penting selalu berada diurutan teratas dalam jadwal Anda.
Untuk memulainya Anda bisa mencoba prinsip Pareto, dimana 80% dari prestasi Anda dilakukan dengan melakukan 20% usaha Anda.
Mulailah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali mengabaikan tugas penting Anda, agar hasil Anda benar-benar signifikan.
Tugas-tugas penting selalu berada diurutan teratas dalam jadwal Anda.
Untuk memulainya Anda bisa mencoba prinsip Pareto, dimana 80% dari prestasi Anda dilakukan dengan melakukan 20% usaha Anda.
Mulailah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali mengabaikan tugas penting Anda, agar hasil Anda benar-benar signifikan.
Artikel lainnya: 4 Tips Bekerja
Cerdas
- Buat rencana SMART
Maksud dari
rencana SMART adalah Specific, Measureable, Achievable, Reasonable, Timeline.
Dalam membuat rencana hendaknya mempertimbangkan 5 hal tadi.
Rencana yang spesifik, terukur, dapat kita capai, dan realistis akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.
Buat jadwal untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan paling sulit diawal pekan setiap minggunya, agar diakhir pekan Anda bisa lebih santai.
Dalam membuat rencana hendaknya mempertimbangkan 5 hal tadi.
Rencana yang spesifik, terukur, dapat kita capai, dan realistis akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan.
Buat jadwal untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan paling sulit diawal pekan setiap minggunya, agar diakhir pekan Anda bisa lebih santai.
Artikel lainnya: Manajemen
Waktu Yang Baik Kunci Dalam Meraih Sukses
- Hindari sikap perfeksionis
Belajar menghindari kesempurnaan
akan membantu Anda dalam membagi waktu.
Bergumul tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan terutama untuk hal-hal sepele dan tidak penting akan sangat membuang waktu Anda.
Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan.
Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.
Bergumul tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan terutama untuk hal-hal sepele dan tidak penting akan sangat membuang waktu Anda.
Mulai saat ini, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal penting prioritas dan mungkin lebih menyenangkan.
Bila terjadi kekeliruan segera perbaiki dan jangan larut dalam penyesalan.
- Hindari kebiasaan menunda
Menunda tugas penting untuk sesuatu
yang sepele memang akan merugikan diri Anda sendiri.
Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya.
Bila kewajiban itu memang penting, lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya.
Sebagai contoh, Anda menunda untuk
menghubungi orang tercinta (suami/isteri dan anak) hanya untuk acara tv
kesayangan Anda.
Ingat, momen penting akan terlewatkan bila waktunya tidak tepat dan kita harus menyadari itu semua serta melibatkan diri secara aktiv didalamnya.
Ingat, momen penting akan terlewatkan bila waktunya tidak tepat dan kita harus menyadari itu semua serta melibatkan diri secara aktiv didalamnya.
- Bersikap tegas
Mengatakan “tidak” dan menolak tugas
yang tidak dapat kita lakukan tentu akan menjadi dilematis.
Untuk itu, mulailah bersikap tegas terhadap kedua hal itu. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan pernah memaksakan diri.
Untuk itu, mulailah bersikap tegas terhadap kedua hal itu. Jika memang kita tidak mampu untuk menyelesaikannya jangan pernah memaksakan diri.
Bila Anda kehabisan waktu dan merasa
stres, maka akan lebih baik menolak undangan makan siang atau makan malam
keluarga.
Kita perlu menyadari bahwa kita tidak memiliki kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejab.
Kita perlu menyadari bahwa kita tidak memiliki kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejab.
- Jangan melupakan diri sendiri
Dalam membuat rencana, hendaknya
tidak lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu
istirahat untuk kita sendiri.
Selama waktu itu tiba, pastikan kita benar-benar berhenti dari pekerjaan, bersantai dan lakukan isi ulang baterai semangat Anda.
Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat seharian beraktivitas.
Misalnya Anda berhasil untuk mengurangi waktu Anda untuk menonton tv.
Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari kebiasaan yang melelahkan.
Selama waktu itu tiba, pastikan kita benar-benar berhenti dari pekerjaan, bersantai dan lakukan isi ulang baterai semangat Anda.
Jika diperlukan rebahkan sejenak badan Anda untuk menghilangkan rasa penat seharian beraktivitas.
Misalnya Anda berhasil untuk mengurangi waktu Anda untuk menonton tv.
Berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika berhasil menghindari kebiasaan yang melelahkan.
- Buat Rencana Cadangan
Masukan dalam daftar rencana Anda
waktu ekstra untuk tugas-tugas yang tidak terduga seperti mengisi ulang baterai
handphone.
Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga.
Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal ini untuk solusi alteratif kedua hal ini.
Lakukan revisi terhadap rencana Anda secara berkala untuk kegiatan yang tidak terduga.
Hal-hal yang memakan waktu lebih lama seperti mengisi ulang baterai HP dan antrian panjang mengisi ulang bensin kendaraan Anda, lakukan hal ini untuk solusi alteratif kedua hal ini.
Nah,
setelah menyimak 7 Cara Melatih Disiplin Waktu diatas tadi, Anda tentu sudah memiliki jawaban bukan.
Silahkan dijawab sendiri dalam hatinya ya, dan yang paling tahu kemampuan Anda hanyalah Anda sendiri.
Temukan juga sejuta manfaat dalam mengelola kekuatan pikiran dalam Ebook Bengkel Pikiran.
Silahkan dijawab sendiri dalam hatinya ya, dan yang paling tahu kemampuan Anda hanyalah Anda sendiri.
Temukan juga sejuta manfaat dalam mengelola kekuatan pikiran dalam Ebook Bengkel Pikiran.
Semoga
tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!
mantap brow
BalasHapus